Translate

Monday 26 January 2015

Wadah Budi Daya Ikan

                      Wadah Budi Daya Ikan
       Berbagai macam wadah dapat digunakan untuk budi daya ikan yaitu seperti kolam,tambak,bak ,aquarium,dan keramba jaring terapung.Dengan memahami berbagai macam wadah ,dengan itu maka dapat meningkatkan produktivitas dalam budi daya ikan.
A.Kolam 


 

 Kolam dapat digunakan untuk budidaya ikan air tawar ,masing masing ada  3 sistem yaitu:
1)Sistem budi daya tradisional/ekstensive
 -Menggunakan kolam tanah yaitu kolam yang kese;uruhan bagiannya terbuat dari tanah.
2)Sistem budi daya ikan semi intensif 
 -Menggunakan kolam yang bagian dinding pematangnya terbuat dari tembok,sedangkan dasar kolamnya terbuat dari tanah.
3)sistem budi daya ikan intensif
 -Menggunakan kolam yang keseluruhannya terduru dari tembok.
Untuk membuat kolam tanah yang dijadikan kolam harus mampu menyimpan air sehingga kolam tidak bocor.Kolam yang dapat dibuat bisa berbentuk persegi,persegi panjang,lingkaran,dan segitiga.
B.Bak
 
Bak yang dibuat harus sesuai dengan skala produksi budi daya ikan dan hampir sama dengan kolam.Bak dapat dikelompokan menjadi:
1)Bak pemijahan
2)Bak penetasan
3)Bak pemeliharaan
4)Bak pemberokan.
Bak yang digunakan  untuk melakukan pemijahan biasanya terbuat dari beton fiber,sedangkan bak plastik digunakan untuk pemeliharaan ikan.
C.Aquarium
 
 Aquarium dapat diguanakan untuk budidaya ikan juga untuk menambah keindahan disekitar lingkungan  sekitar kita.Biasanya aquarium terbuat dari suatu tempat yang transparan(gelas/kaca kuat,plastik) yang berkekuatan tinggi untuk budi daya ikan. Ikan biasanya dapat dibeli di toko  dan memiliki nilai estetika.
Berikut yang harus ada didalam aquariu,:
1)Pompa udara
-  Alat untuk memasukan udara kedalam aquarium melalui difuser sehingga udara terpecah menjadi gelembung dan gelembung itu dapat memperkaya kandungan oksigen yang penting untuk ikan.
2)Filter aquarium
 -berguna untuk menjaga kestabilan ekosistem dalam aquarium yang dapat membuat air senatiasa bersih senhingga ikan dapat panjang umur.
D.Keramba jaring apung

Bagi orang yang tidak memiliki lahan darat dalam  bentuk kolam dapat melakukan budi daya di perairan umum sehingga perairan akan berguna .Kita tau bahwa Indonesia terditri dari 70% wilayah air sehingga cara ini sangat cocok  bagi penduduk di sekitar pantai,danau,dan sungai.

No comments:

Post a Comment