Translate

Sunday 1 March 2015

Teknik Aquascape dengan berbagai kegunaan

Image result for aquascape                                                                           Teknik Aquascape


Hallo ,teknik aquascape adalah sebuah teknik untuk membuat aquarium  menjadi  tampak alami dan hampir seperti di alam liar,menggunakan material seperti pasir dan pendukung lainnya seperti batu dan kayu.Untuk melengkapinya maka hadirlah tanaman seperti tanaman yang ditanam di pasir atau dilekatkan di batu dan kayu sejenis moss,anubias,dan riccia.Aquascape
Berikut adalah peralatan ,material,dan pendukung yang harus ada dalam aquascaping:
1.Aquarium.
2.Lampu.
3.Filter gantung.
4.Pasir asli bukan buatan.
5.Pupuk dasar dan pupuk  cair.
6.Tanaman.
7.Udang&Ikan(termasuk pemakan moss dan algae)
8.Reaktor CO2/DIY(digunakan untuk fotosintesis tanaman,dapat dibeli maupun membuatnya).
9.Kipas/chiller(dapat diakali dengan kipas pendingin CPU atau lebih baik lagi jika berada di daerah ber AC.
10.Bersuhu 22 derajat Celcius-28 derajat Celcius.
11.Kayu dan Batu(hardscape).
Kenapa harus menggunakan  reaktor CO2 dan Kipas/chiller?
Karena teknik aquascape membutuhkan tanaman maka jika tidak ada alat atau benda yang menghasilkan CO2 di dalam aquarium maka tanaman akan mati sehingga praktek aquascaping pun gagal,kita harus menggunakan  kipas/chiller karena tanaman seperti moss,riccia,anubias dan jenis lainnya membutuhkan kondisi dingin untuk berkembang biak sehingga membuat aquarium yang terlihat cukup rimbun(tidak terlalu rimbun)dan ikanpun nyaman dengan kondisi tersebut.

Image result for kipas pendingin aquariumKipaslerImage result for reaktor co2reaktor CO2
Kenapa tidak boleh rimbun dan harus menambahkan pemakan moss dan algae?
Karena jika aquarium rimbun maka ikan hanya akan terjebak diantara tanaman-tanaman yang tumbuh di aquarium,sementara itu kita harus menambahkan pemakan moss maximal 1 ekor dan pemakan algae 1 ekor karena di aquarium kita jika kita menanam  moss jika pertumbuhannya terlalu pesat apalagi tak dihentikan ataupun dibatasi maka berdampak buruk bagi keindahan dan kenyamanan ikan.

Image result for chinese algae eaterChinese Algae Eater
Kenapa harus menambahkan pupuk dasar dan pupuk cair?
Pupuk dasar ditabur di aquarium sebelum menaburkan pasir ,jika pasir tidaka da pupk dasarnya maka tanaman hanya berakhir mati dan aquascaping pun gagal,sementara itu jika sudah ada pupuk dasar tak ada pupuk cair maka saat awal penanaman  tanaman tak bertahan sampai sangat lama hanya 1 minggu saja.

Image result for pupuk dasar aquascape
Kenapa harus mengggunakan filter gantung dan air yang ada berkisar 22 derajat Celcius – 28 derajat Celcius?
Karenaq filter gantung akan mendukung suplai oksigen yang dihasilkan tanaman sehingga cukup untuk aquarium ,dan aquarium harus berkisar 22 derajat Celcius-28 derajat Celcius Karena jika tanaman dan ikan terkena air yang terlalu panas ataupun dingin maka mereka akan mati.
Persyaratan yang harus tersedia:
1.Aquarium ukuran 55x35x35(67L).
2.Cahaya 50 Watt,tiap 67L.
3.Pemilik yang konsisten.


 Image result for filtergantungfilter gantungImage result for lampu aquariumlampu aquarium

Nah,sekarang inilah tekniknya:
1.Siapkan Meja yang ukurannya lebih besar sedikit dari aquariumnya
2.Taruh sterofoam diatas meja berdasarkan ukuran aquarium anda.
3.Letakan aquarium diatas sterofoam .
4.Taburkan pupuk dasar  di aquarium.
5.Taburkan pasir di aquarium.
6.Letakan hardscape(kayu&batu) dan ditata dengan rapi.
7.Tanam tanaman menggunakan pinset,untuk jenis moss ,karetkan saja di kayu dan batu dengan kondisi kuat tapi tidak kencang sehingga moss tidak mati.
8.Tuang air secara perlahan atau gunakan cup yang dilubangi dan gunakan isi dengan menggunakan selang air yang masuk ke cup tadi ,alirannya harus kecil dan pelan.Dan jangan asal –asalan mengisi airnya sehingga tanaman dan pasir tidak berantakan.
9.Setelah air penuh gunakan reaktor CO2 untuk menghasilkan CO2 sehingga air aquarium memiliki kadar CO2 yang cukup,jika ingin membuat CO2 DIY baca lebih lanjut.
10.Setelah seminggu  baru masukan ikan dan udang ,jika mereka cocok maka mereka akan terus berkembang biak  sesuai waktunya dan tanaman akan tumbuh subur.

Yang diperlukan untuk membuat  CO2 DIY:
1.Siapkan 1 botol kosong sekitar 5ml-1L(botol besar)&1 botol kosong sebesar 2.5ml(botol kecil).
2.Siapkan gula ¼ dari botol.
3.Siapkan ragi.
4.Siapkan soda kue.
5.Air hangat untuk botol 5ml-1L setengah dari botol anda &untuk botol 2.5 ml siapkan air hangat sampai penuh tapi sisakan sedikit ruang kosong.
Cara membuat:
1.Masukan gula dan soda kue ke botol besar .
2.Tuang air hangat yang telah di campur dengan ragi ke botol besar.
3.Masukan air hangat ke botol kecil.
4.Lubangi tutup botol besar dengan 1 lubang(ukuran selang oksigen atau dipanggil selang aerator).
5.Lubangi tutup botol kecil dengan 2 lubang(ukuran selang oksigen atau dipanggil selang aerator).
6.masukan selang oksigen/aerator menurut lubangnya jika botol besar ,buat jangan sampai terkena air hangat yang tadi dicampur.Untuk botol kecil masukan selang aerator/oksigen di lubang kiri selang terkena air hangat dan di lubang kanan selang tak terkena air hangat&menuju /masuk ke dalam air aquarium.
7.Lem selang tersebut .
8.Tutup botol anda ,buat agar selang lubang tadi sesuai saat pembuatan dalam letaknya .
9.Tunggu saja sampai muncul busa –busa didalam botol besar dalam jumlah besar.
10.CO2 siap digunakan.
Dan jika modal anda kuat anda dapat membelinya dari yang paling kecil ukurannya sampai yang paling besar sekitar RP70.000,00-RP1.000.000,00.

Berikut ini adalah kesalahan yang umum dilakukan saat awal-awal men-setup aquascape:
1.      Membeli tanaman air dengan perawatan dan kebutuhan yang tinggi, sedang aquascape kita cahayanya redup, tanpa injeksi CO2, atau tanpa pupuk dasar, sehingga tanaman tersebut pantas saja melting (layu) tidak dapat tumbuh di dalam tank. Solusinya cari dulu informasi tanaman air yang akan dimasukkan ke dalam tank.

2. Menggunakan Aerator Oksigen (O2) pada aquascape bisa lebih meminimalkan kadar CO2. Ikan segar, tapi tanaman mati. Seharusnya dengan pergerakan air dari filter saja kadar O2 dalam tank sudah mencukupi.

3. Membeli ikan yang bersifat merusak. Membeli ikan yang memakan tanaman air, ikan penggali sehingga sering menggali substrat.

4. Lampu yang menyala 24 jam, jangan sampai ya, karena di alam saja tumbuhan tidak 24 jam penuh dapat cahaya kok, buat saja penerangan lampu 12 jam, selain hemat listrik juga tidak membuat air dalam aquarium hangat/menguap.

5. Air dari filter yang masuk ke aquarium seperti air terjun, ini juga kurang tepat, karena riak-riak air yang dihasilkan dapat menghilangkan kadar CO2 dalam air, air jadi sangat miskin CO2. Selang yang dekat dengan substrat dengan semburan air kencang pun tidak tepat, karena akan membuat substrat terdorong hingga pupuk dasar di bawahnya berhamburan sehingga membuat air menjadi keruh. Yang benar adalah pasang selang tercelup air namun jangan terlalu dalam.

6. Langsung memasang kayu di dalam aquascape. Kayu yang dibeli dari penjual ataupun yang didapat dari sungai biasanya masih mengandung tannin, bisa membuat air berwarna kekuningan, solusinya sebelum dijadikan hardscape, rebus dulu hingga keluar semua kandungannya.

7. Langsung menuang air ke substrat saat pertama setup aquascape. Hal ini bisa menyebabkan pupuk dasar di bawah lapisan substrat keluar berhamburan, juga membuat air yang harusnya bisa jernih menjadi keruh. Solusinya adalah sebelumm diberi air tutupi aquascape dengan plastik, kemudian siramkan air ke plastik, jadi tidak langsung ke substrat, atau bisa juga dengan menggunakan piring, taruh piring di dasar aquascape lalu alirkan air ke piring tersebut.

8. Kayu untuk hardscape yang masih ada kulitnya. Di sela-sela antara kayu dan kulit kayu biasanya ada kotoran atau bahkan hewan yang mendiami. Solusinya kupas dulu kulit kayunya, bersihkan, rebus.

9. Menggunakan lampu warna-warni yang dijual di toko aquarium. Ini lampu sebagai hiasan ya, bukan untuk fotosintesis tanaman. Solusinya belilah lampu hemat energi yang berwarna putih.

10. Menggunakan obat Snail Killer, obat pembunuh siput. Memang kalau keong sudah banyak jumlahnya jadi mengganggu pemandangan aquascape kita, tapi kalau ada udang di tank kita, hindari pemakaian obat ini karena akan membunuh udang juga. Solusinya gunakan ikan pemakan keong.

 Image result for udang red cherryudang red cherry (memakan algae dan lain-lain di aquarium)
 Ini semua adalah tentang aquascape


 Image result for aquascape beautiful
 Thank You

No comments:

Post a Comment